Sabtu, Mei 10, 2008

500 Orang Serbu KPUD NTB

NTB-Kembali aksi unjuk rasa siang ini (10/05) terjadi di NTB menuntut diijinkannya calon idependen ikut dalam pilkada NTB. Unjuk rasa yang dilakukan oleh KNPI (Komite Nasional Pilkada Indonesia), dengan massa kurang lebih 500 orang, terkait masalah legalitas pilkada dan penolakan calon independen oleh KPUD NTB.
Dalam orasinya, massa menyebutkan KPU telah menghianati undang-undang dan cacat hukum karena tidak ada landasan hukum serta menyelenggarakan tahapan pilkada secara ilegal dengan menolak calon independen.

Setelah berorasi perwakilan KNPI kemudian meminta berdialog dengan KPU dan diterima oleh Kabag Humas KPUD NTB Sudirman Ukir. Tetapi karena ketua dan anggota tidak ditempat dan meminta perwakilan untuk menunggu karena ketua dan anggota akan dihubungi dulu untuk dapat menemui massa. Sambil menuggu datangnya ketua dan anggota KPU,perwakilan mengancam akan menduduki KPU, dan meminta ijin kepada kapolre trijono untuk mendirikan tenda namun tidak diijinkan.

Lama menunggu akhirnya massa tidak sabar dan terprovokasi untuk mendobrak pagar sehingga terjadi dorong mendorong dan kejar mengejar antara massa dan aparat. Massa akhirnya dapat dikendalikan setelah terjadi dialog antara lalu ranggawale dengan pihak kepolisian. Sampai saat ini sebagian massa sudah pulang, namun ketua KNPI Sri Sudarjo dan kawan-kawan masih bertahan di KPU dan berecana untuk menginap. Dirinya juga mengancam akan kembali lagi besok dengan massa yang lebih besar sampai tuntutan mereka dipenuhi.(jie)

Tidak ada komentar: