Jumat, Maret 07, 2008

Jum'atan Pas Nyepi di Bali

Singkat aja ya cerita dari saya buat ngana-ngana di seberang pulau sana.

Jadi begini ceritanya. Mungkin gak pernah terbayangkan bagi saya untuk solat jum'at bukan di tempat biasanya. Tapi kali ini terasa lebih lucu, aneh,sekaligus mengagetkan. Betapa tidak aneh,lucu dan mengagetkan kita yang kebetulan lagi magang di denpasar , solat jum'at minggu ini ternyata bertepatan dengan hari raya nyepi umat hindu di bali. Lucunya lagi karena masjid yang biasa kita pakai solat jum'at di renon ternyata ditutup, karena sudah terlanjur niat solat jum'at, ya kita tetep usaha nyari tempat solat. Nggak jauh dari masjid, ane ngeliat orang-orang ngegrombol pada pake sarung tapi bukannya ngmpul di masjid malah pada ngumpul di depan restoran madiun ya. Nah, bisar gak tambah penasaran saya deketin aja tuh, orang-orang yang pada ngumpul. Begitu nyampe depan restoran, ternyata restorannya disulap menjadi tempat solat jum'at, alhamdulillah ,biarpun restoran yang penting masih bisalah dipakai buat solat jum'at he he.

1 komentar:

boy_Zone mengatakan...

salam hangat dari kupang!!!

Tampaknya tiap daerah memang tidak bisa dilepaskan dari mayoritas kepentingan yang ada. saya mengira hanya muslim di jawa yang "membuat" peraturan kehidupan sehari-hari dan mendominasi seakan-akan seluruh jawa adalah muslim. namun ternyata praktek sedemikian juga dilakukan di daerah lain.

pengalaman bung oetjoj pun mungkin juga dialami oleh kita semua yang baru hidup di tanah luar jawa. Sehingga kalau boleh saya sedikit menyimpulkan, berarti di mana pun kita berada, ada sebagian hak asasi kita yang harus direlakan untuk kepentingan mayoritas kepentingan di mana kita tinggal. yang penting kita saling menghormati dan menghargai TO...
setuju nggak bung!!!